Apa itu pengisi suara dan apa perannya dalam industri media?

Apa itu pengisi suara? 

Pengisi suara adalah orang yang mengisi suara untuk karakter di film, televisi, permainan video, atau produksi audiovisual lainnya. Mereka dapat menjadi pengisi suara untuk karakter manusia, hewan, atau bahkan benda mati. Pengisi suara harus dapat memberikan suara yang cocok dengan karakter yang mereka isi dan membuat penonton terlibat dalam cerita yang sedang diproduksi. Keterampilan seperti vokal, pengucapan kata yang jelas, dan kemampuan untuk menghidupkan karakter melalui suara sangat penting bagi pengisi suara.


Jenis-jenis pengisi suara

Terdapat beberapa jenis pengisi suara, antara lain:

  1. Voice over artist: pengisi suara untuk iklan radio, televisi, presentasi, dan video tutorial.
  2. Dubber: pengisi suara untuk film atau acara televisi yang di-dub atau di-alih bahasa ke bahasa lain.
  3. ADR artist: pengisi suara untuk produksi film atau televisi yang membutuhkan sinkronisasi suara dengan gambar.
  4. Looping artist: pengisi suara untuk produksi film atau televisi yang membutuhkan efek suara seperti suara latar atau keributan di latar belakang.
  5. Karakter voice actor: pengisi suara untuk karakter dalam film, televisi, permainan video, atau produksi audiovisual lainnya.

Keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pengisi suara

Untuk menjadi pengisi suara yang sukses, dibutuhkan beberapa keterampilan, antara lain:

  1. Kemampuan vokal yang baik untuk menyampaikan karakter yang tepat
  2. Kemampuan untuk menghidupkan karakter melalui suara
  3. Keterampilan pengucapan yang jelas dan tepat
  4. Kemampuan berimprovisasi dan bekerja dengan skenario yang ditetapkan
  5. Kemampuan bekerja dengan berbagai jenis mikrofon dan peralatan rekaman suara
  6. Kemampuan membaca naskah dengan baik
  7. Kemampuan untuk mempercepat pembacaan suara atau membaca dengan tempo yang tepat

Proses produksi pengisian suara

Proses produksi pengisian suara dimulai dengan penugasan proyek, penugasan pengisi suara, dan persiapan rekaman. Proses produksi selanjutnya


Pengertian Pengisi Suara


Pengisi suara adalah orang yang memberikan suara untuk karakter atau narasi dalam sebuah produksi media seperti film, iklan, video game, kartun, atau acara televisi. Mereka bertanggung jawab untuk menghidupkan karakter dan membuat mereka terdengar sebagaimana mestinya. Pengisi suara dapat memberikan suara untuk berbagai jenis karakter seperti manusia, hewan, atau bahkan objek.
Untuk menjadi pengisi suara yang sukses, seseorang harus memiliki keterampilan vokal yang baik dan mampu mengontrol intonasi dan nada suara. Mereka juga harus bisa memahami skrip dan karakter yang mereka bawakan serta memiliki kemampuan akting yang baik.

Sejarah Pengisi Suara


Sejarah pengisi suara dapat dilacak kembali ke era film bisu pada awal abad ke-20. Pada saat itu, sebagian besar film tidak memiliki dialog dan menyertakan teks layar untuk menjelaskan situasi. Namun, dengan kemajuan teknologi film dan kemunculan film bersuara, kebutuhan akan pengisi suara meningkat pesat.

Pada tahun 1928, film animasi pertama dengan suara "Steamboat Willie" yang dibintangi oleh Mickey Mouse diperkenalkan. Film tersebut sukses besar dan memicu permintaan untuk pengisi suara yang berkualitas. Sejak saat itu, pengisi suara menjadi hal yang umum dalam produksi media dan menjadi profesi yang dihormati.

 Jenis-jenis Pengisi Suara


Ada berbagai jenis pengisi suara, termasuk pengisi suara iklan, pengisi suara kartun, pengisi suara film, pengisi suara radio, dan banyak lagi. Setiap jenis pengisi suara memiliki persyaratan dan keterampilan yang berbeda-beda.

Pengisi suara iklan, misalnya, harus mampu menghadirkan produk atau jasa dengan cara yang menarik dan meyakinkan. Sementara itu, pengisi suara kartun harus dapat menghidupkan karakter dengan suara dan akting mereka.


Sejarah Pengisi Suara


Pengisi suara telah menjadi bagian penting dalam industri hiburan selama bertahun-tahun. Dalam artikel ini, kita akan membahas sejarah pengisi suara dan bagaimana profesi ini telah berkembang dari waktu ke waktu.
Sejarah pengisi suara dapat dilacak hingga awal tahun 1900-an, ketika industri film masih dalam tahap perkembangan. Pada saat itu, film masih dalam bentuk bisu dan pengisi suara biasanya bertindak sebagai narator untuk menjelaskan plot dan tindakan dalam film.

Namun, pada tahun 1927, film pertama yang memiliki suara lengkap, The Jazz Singer, dirilis dan mengubah cara kita melihat film selamanya. Dari sini, kebutuhan akan pengisi suara semakin meningkat, karena karakter dalam film sekarang dapat berbicara dan berinteraksi dengan cara yang lebih dinamis.

Pada tahun 1930-an, industri animasi mulai berkembang, dengan rilisnya film Snow White and the Seven Dwarfs pada tahun 1937. Ini membuka pintu bagi banyak pengisi suara baru untuk masuk ke industri ini, dan para pengisi suara mulai membentuk identitas suara mereka sendiri.

Seiring berjalannya waktu, pengisi suara semakin menjadi bagian integral dari industri film dan televisi, membantu menghidupkan karakter dengan suara mereka yang unik. Hari ini, banyak pengisi suara yang terkenal dan dihormati di seluruh dunia, seperti Frank Welker, Tom Kenny, dan Nancy Cartwright.

Tabel Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang sejarah pengisi suara:


Tahun

Peristiwa

Awal 1900-an

Pengisi suara menjadi bagian dari industri film

1927

Film pertama yang memiliki suara lengkap dirilis

1930-an

Industri animasi mulai berkembang

1937

Rilis film Snow White and the Seven Dwarfs

Saat ini

Pengisi suara semakin menjadi bagian integral dari industri film dan televisi



Pages